Entri Populer

Senin, 09 April 2012

Bab Shalat Jama' dan Qashar


Bab Shalat Jama’ Dan Qashar
1. Shalat Jama’
Shalat jama’ artinya shalat yang dikumpulkan, yakni mengerjakan dua macam shalat (fardhu pada satu waktu).
Dengan perkara lain, dibolehkan kata mengerjakan Shalat Dhuhur dan ‘Asha pada waktu Dhuhur atau ‘Ashar. Begitu pula Shalat Maghrib dan ‘Isya’ pada waktu Maghrib atau ‘Isya’. Dan shalat jama’ itu ada (2) macam, yaitu Jama’ (Taqdim dan Jama’ Ta’khir).
dengan perkataan lain, dibolehkan kita mengerjakan Shalat Dhu8hur dan ‘Ashar pada waktu Dhuhur atau ‘Ashar. Begitu pula Shalat Maghrib dan ‘Isya’ pada waktu Maghrib atau ‘Isya. Dan Shalat Jama’ itu ada  (2) macam, yaitu Jama’ Taqdim dan Jama’ Ta’khir.
1.      Jama’ Taqdim.
Apabila kita mengerjakan Shalat Dhuhur dan ‘Ashar pada waktu Dhuhur, atau Shalat Maghrib dan ‘Isya’ pada waktu Maghrib.
II. Jama’ Ta’khir.
Apabila kita mengerjakan Shalat Dhuhur dan ‘Ashar pada waktu ‘Ashar, atau Shalat Maghrib dan ‘Isha’ pada waktu ‘Isya’.
Shalat Yang boleh dijama’
Shalat yang beleh dijama’ itu ialah shalat Dhuhur dengan ‘Ashar dan Maghrib dengan ‘Isya’. Sedang ‘Ashar dengan Maghrib, ‘Isya’ dengan Shubuh  atau Shubuh dengan Dhuhur, tidak boleh dijama’
Yang mendapat rukhash (prioritas) untuk menjama’ shalat itu ialah :
1.      Orang yang dalam safar (perjalanan), yakni selama berada dalam suatu negeri tempat singgah yang tidak bermaksud akan tinggal menetap di situ.
2.      Orang yang dalam kesibukan, sekali pun tidak dalam safar.
Dalam keadaan demikian boleh mengerjakan jama’ ta’khir saja, dan hal seperti ini jarang sekali dikerjakan Rasulullah saw.
Kafiyat Shalat Jama’’
Untuk mengerjakan shalat jama’, baik jama’ taqdim maupun jama’ ta’khir seyogyanya dikerjakan menurut tertib waktu. Jadi shalat Dhuhur dikerjakan dahulu dari shalat ‘Ashar dan shalat Maghrib dikerjakan dahulu dari shalat ‘Isya’.
Disunnahkan  pula untuk shalat jama’ itu kita bacakan satu adzan dan dua iqamah; yaitu mula-mula kita bacakan adzan kemudian iqamah, sesudah antara kedua shalat kita bacakan iqamah sekali lagi.

2.      Shalat Qashar
Shalat Qashar, artinya shalat yang diringkaskan, yakni shalat yang (4) raka’at menjadi (2) raka’at. Dan yang dibolehkan mengqashar shalat itu hanyalah orang yang dalam safar saja, lain tidak.
Karena yang diringkaskan itu shalat yang raka’atnya empat seperti Dhuhur,’Ashar dan ‘Isya’, maka shalat Maghrib dan Shubuh tentulah tidak dapat diqashar.
84. Tudak ketentuan agama yang membatasi “Jarak Jama’, bahkan Nabi saw. Mengqashar shalatnya sewaktu di Dzil Hulaifah (Jarak antara Madinah-Dzill Hulaifah kira-kira (6mil). –R. Muslim(s)
85. Orang-orang yang dalam keaaan sakit, keadaan terdesak atau takut kerugian harta seumpama mengairi tanaman, memasak roti yang dikhawatirkan akan hangus bila ditinggalkan melakukan shalat, kelompok ulama besar berpenapat (berdasarkan hadits Ibnu Abbas dalam Muslim, Abi Daud dan lain-lain.) maka boleh menjama’ shalatnya, baik jama’ taqdim maupun jama’ ta’khir.
86  R. Muslim (s)
87  Q.S. An-Nisa’ 101 H.R/ Muslim (s)
88  R. Ahmad, an demikian menurut ijma’.
Seperti halnya pada shalat Dhuhur an ‘Ashar biasanya, maka pada shalat qashar Dhuhur dan ‘Ashar itu bacaan Fatihah dan ayat-ayat Quran juga dibaca si.
3. Shalat Jama’ Qashar.
Sebagaimana keterangan yang terdahulu, bagi orang yang dalam safar, selain boleh menjama’ juga boleh mengqashar-nya.
Adapun pelaksanaannya sebagai berikut :
Shalat Dhuhur dua raka’at salam, kemudian dilanjutkan dengan shalat ‘Ashar dua raka’at; dan bila dikerjakan pada waktu Dhuhur namanya “Jama’ qashar taqdim” sedangkan bila dikerjakan pada waktu ‘Ashar namanya “Jama’ qashar ta’khir”.
Shalat Maghrib tiga raka’at salam, kemudian dilanjutkan dengan shalat ‘Isya’ dua raka’at; bila ikerjakannya paa waktu Maghrib namanya “Jama’ qashar taqdim” dan bila dikerjakan pada waktu ‘Isya’ namanya “Jama’ qashar ta’khir”
89  Untuk memudahkan ingatan tentang plaksanaan shalat jama’ qashar, dapatlah dirumuskan sebagai berikut :
D4   .  A4            M3   .  I4   dinamakan jama’ Taqdim
-------------dan------------
D………………..M
D4  .  A4              M3   .  I4   dinamakan Jama’ ta’khir  
……………dan………….
D………………..M
D2  .  A2              M3   .  I2   dinamakan jama’ qashar taqdim
……………dan………….
D………………..M
D2  .  A2              M3   .  I2   dinamakan jama’ qashar ta’khir.
…………...dan………….
A……………….I


Tamat

1 komentar: